ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
A.
Peluang
Velvet Baking Shop sekitar 2 tahun yang lalu
oleh Febi Oktarina.
Sdri Febi berinisiatif untuk membuka suatu usaha dibidang kuliner di wilayah
Undip Tembalang, karena memiliki peluang yang besar. Sdri Febi yakin bahwa apabila
dengan membuka usaha roti tersebut usahanya akan berhasil karena Sdri Febi
selama di kampus mengikuti kelas Kewirausahaan, disitulah Sdri Febi belajar
mengenai bagaimana caranya memulai bisnis, mencari modal, mencari relasi dan
lain-lain
B.
Relasi
Mahasiswa Undip dan Masyarakat Semarang
sekitarnya..
C.
Segmentation,
Targetting dan Positioning
a. Segmentation
·
Segmentasi Umur
0-5 tahun
6-15 tahun
16-25 tahun
26-50 tahun
·
Segmentasi tempat
Wilayah sekitar kampus
Wilayah
pemukiman penduduk
Wilayah
perkotaan
·
Segmentasi Jenis
kelamin
Laki-laki
Perempuan
b. Targetting
Target pasar dari usaha Velvet
Baking Shopini khususnya di bidang penjualan yang mentargetkan penjualannya
kepada mahasiswa Undip baik laki-laki maupun perempuan dan juga masyarakat
sekitar semarang mulai dari umur 16 s.d 50
tahun hingga para ibu-ibu yang memberikan hadiah untuk anaknya.
c. Positioning
Velvet Baking Shop memposisikan pada
pembuatan cupcake biasanya ditujukan bagi sesorang yang akan memesan cupcake
dan kue tart sebagai ulang tahun.
D.
Proyeksi
Permintaan dan Penawaran
a. Perkembangan Permintaan Sekarang
Seiring
dengan perkembangan zaman, Velvet Baking Shop selalu menjaga kualitas produk
dari usahanya agar mahasiswa maupun masyarakat yang sudah menjadi pelanggan
tetap menyukai dan tetap setia dari jasa Velvet Baking Shop.
Velvet
Baking Shop tidak hanya memproduksi cupcake saja, melainkan ada produk lainnya.
Dengan banyaknya produk yang dihasilkan melalui cake tersebut membawa
keuntungan bagi usaha ini, karena mahasiswa undip maupun masyarakat sekitar
bisa dengan mudah untuk memesan produk yang diinginkan tanpa harus keluar jauh
dari wilayah kampus Undip. Dengan
kondisi seperti itu, permintaan terhadap produksi akan terus meningkat.
b.
Prospek Pemintaan
di Masa Mendatang
Banyak pelaku usaha memprediksi bahwa usaha cake akan tetap digemari baik warga maupun masyarakat
dalam jangka waktu yang lama, karena usaha cake
ini diperlukan apabila seseorang maupun kelompok misalnya diberikan bagi
wisudawan/wisudawati kado ulang tahun, acara seminar, dan
lain sebagainya. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah munculnya para
pesaiang baru dengan jenis produk yang sama. Untuk saat ini, belum terlihat
banyaknya pesaing di usaha cupcake ini dengan menjual produk yang sama, namun
dimasa mendatang besar kemungkinan akan ada pesaing yang bergerak di bidang ini
namun memiliki desain yang beda, maupun keunikan dari barangnya. Dalam
menghadapi para pesaing dimasa yang akan datang, maka pihak Velvet Baking Shop
terus melakukan survey ke tempat-tempat usaha cake lainnya dengan melihat apa
saja yang ditawarkan di usaha lain tersebut yang bertujuan agar pelanggan tidak
berpindah haluan ke tempat usaha cake lainnya.
c. Perkembangan Penawaran Sekarang
Perkembangan
penawaran usaha Velvet Baking Shop untuk saat ini bisa dikatakan normal dengan
target batas keuntungan laba yang efektif. Hal tersebut disebabkan karena harga
yang sebanding dengan kualitas yang ditawarkan oleh Velvet Baking Shop sehingga
mereka optimis laba margin dapat tercapai dengan jumlah penawaran yang
diproduksi. Untuk pemakaian pada bahannya sendiri bisa dipakai untuk segala
jenis produk sehigga harga dari bahan baku pembuatan produk dapat dibagi dengan
produk lainnya, sehingga jumlah penawaran dari produk akan tetap stabil.
d.
Prospek Penawaran
di Masa Mendatang
Mengingat besarnya peluang bagi usahaVelvet
Baking Shopini untuk mengembangkan usahanya
di bidang kuliner,
maka Velvet Baking Shop
akan membuka cabang di wilayah dekat kampus di Semarang. Velvet
Baking Shopmenawarkan harga yang sebanding dengan kualitasnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menarik minat konsumen
agar tetap setia untuk memesan produk cupcake Velvet
Baking Shop.
E.
Marketing
Mix
·
Produk
Produk yang dijual berupa
Cupcake, Cupcake 3D dan Kue Tart
·
Price
Harga Cupcake biasa Rp
15.000/pc dan Cupcake 3D Rp 250.000/box
·
Promotion
Cara mempromosikan Usaha
Velvet Baking Shop ini dengan promosi di media sosial.
·
Place
Usaha ini beramalat di Jalan
Sumurboto III No.8A Tembalang Semarang
ASPEK TEKNIK
DAN TEKNOLOGI PRODUK
A. Produk
1.
Jenis Produk
·
Cupcake
·
Customize cupcakes
·
Birthday Cake
·
Wedding Cake
·
Pie & Cookies
·
Gift Hampers &
parcels
·
Dessert Table
2.
Keunggulan Produk
Bagi
mahasiswa, dalam kegiatan tertentu pasti memerlukan pendukung
dalam memeriahkan acara khusus seperti Party,
Anniversary, Seminar dan lainnya guna
untuk memberi perhatian kepada orang lain. Di sendiri memiliki keunggulan produk yaitu
dalam proses pembuatannya konsumen dapat memilih model cupcakes yang dipesan
H-3 sebelumnya sesuai selera konsumen inginkan. Velvet Baking Shop juga menawarkan
kualitas cake yang relatif bagus dan harganya sebanding pula Sehingga konsumen
akan puas terhadap hasil produk tersebut.
B. Proses
Produksi
1. Proses
pembuatan.
Adapun cara pembuatan Cup Cakes adalah :
a.
Pertama panaskan susu cair serta
susu bubuk dan aduk hingga benar-benar larut, lalu matikan apinya.
b.
Setelah itu tambahkan potongan dark
coklat secukupnya aduk hingga larut merata.
c.
Lalu masukkan mentega serta sebagian
gula pasir halus ke dalamnya.
d.
Tambahkan kuning telur yang telah
dikocok hingga rata
e.
Tuangkan adonan tersebut ke dalam
tepung terigu sambil di aduk rata dan kemudian adonan di sisihkan.
f.
Kemudian kocok putih telur hingga
setengah mengembang. Lalu tambahkan sisa gula halus tadi ke dalamnya sambil
terus dikocok hingga benar-benar mengembang.
g.
Masukkan kocokan putih telur
tersebut ke dalam terigu sambil di aduk dengan perlahan.
h.
Tuangkan ke dalam cetakan muffin
yang sudah diberi alas kertas.
i.
Setelah itu oven selama 25 menit
dalam suhu 180 celcius hingga matang
j.
Untuk toppingnya anda bisa memanaskan
krim kental lalu tambahkan potongan dark cokelat dan aduk hingga larut merata.
k.
Hiaslah bagian atas cupcake dengan
topping yang telah dibuat.
C.
Bahan
Baku
Bahan
dasar yang diperlukan untuk Cupcake antara lain :
1. Tepung
terigu
2. Telur
3. Mentega
4. Gula
5. Garam
6. Coklat
bubuk
7. Susu
bubuk
8. Vanili
9. Fondant
D.
Bahan
Penunjang
1.
Plastik
Plasik digunakan sebagai
kemasan cupcake.
2. Kardus
Kardus ini berfungsi
untuk tempat
Mika berfungsi untuk tempat Cake agar bisa
aman saat di kemas.
3.
Gas Elpiji
Untuk proses pencetakan
gambar dan penempelan gambar pada media mug.
4. Keju,
Meses, Strawberry, Choco chip, Krim, Coklat
Untuk penghias agar cupcakes tambah
menarik.
E.
Mesin Dan
Peralatan
Mesin
dan peralatan yang digunakan dalam membuat cupcake antara lain :
1.
Oven
2.
Kompor
3.
Mixer
4.
Timbangan
5.
Loyang
F. Lokasi
Dan Plant Site
Lokasi
tempat produksi dan tempat penjualan berada dalam satu tempat yaitu berada di Jalan
Sumurboto III No.8A Tembalang Semarang dengan luas bangunan 6 x 15 m². Letak usaha
ini berada ditempat yang strategis sehingga akses untuk menuju tempat ini sangat mudah, karena lokasinya
yang berada didekat jalan raya. Oleh karena itu, peluang untuk mendapatkan
pelanggan sangat besar. Kontruksi bangunan ini terbuat dari batu bata. Setiap
proses produksi mempunyai bagian tempat tersendiri sehingga tidak mengganggu
proses produksi satu sama lain.
ASPEK
ORGANISASI DAN MANAJEMEN
A. Nama Unit
Usaha
Nama badan Usaha : Velvet Baking Shop
Pemilik : Febi Oktarina
Alamat : Jalan Sumurboto
III No.8A Tembalang Semarang
Jam
Operasional Velvet Baking Shop
Senin –
Jumat : 09.00-21.00
Sabtu –
Minggu : 10.00-21.00
B. Bentuk
Organisasi dan Manajemen
Velvet Baking Shop sampai saat ini hanya memiliki 1 toko pusat yang
terletak di Jalan Sumurboto III No.8A Tembalang Semarang. Pemilik Velvet Baking Shop tidak memegang sendiri
dalam menjalankan usahanya. Pemilik mempekerjakan 4 orang karyawan yang mana dari
4 karyawan tersebut bekerja secara bergantian sesuai
shift yang telah ditentukan jadwalnya.
Untuk proses produksi Velvet Baking Shopdilakukan
oleh karyawan sendiri. Sedangkan untuk Customer Servise itu ada sendiri saat
ada konsumen yang lansung datang ke toko.
a.
Sistem Keuangan
Dalam
mengelola keuangan, Velvet Baking Shop menerapkan manajemen keuangan dengan :
·
Menetapkan
struktur keuangan organisasi
·
Mengalokasikan
dana dengan sangat efisien
·
Mengendalikan
keuangan
b.
Sistem produksi
dan distribusi
Kegiatan produksi pada
setiap unit dalam usaha percetakan Velvet Baking Shop agar sama mutu dan
pelayanannya diperlukan berbagai keputusan terkait dengan produksi, misalnya
perencanaan (kapasitas produk, bahan baku) dan desain produk, proses produksi,
pengendalian kualitas hasil produksi, penentuan standar operasi, penentuan
fasilitas produksi (termasuk layout produksi), penentuan harga pokok produk,
dan sebagainya. Sistem-sistem tersebut selanjutnya, dioperasikan sesuai
ketentuan yang telah ditetapkan, sehingga produksi dapat diwujudkan sesuai
kualitas, terjangkau kemampuan pasar, dan seimbang dalam memenuhi permintaan
pasar.
c.
Promosi dan
Pemasaran
Promosi merupakan salah
satu strategi perusahaan dalam memenangakan pasar dan meningkatkan angka
penjualan. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Velvet Baking Shop yaitu
dengan cara :
·
Bertujuan pada
taget pasar
·
Memasang MMT yang
berukuran besaryang diletakkan di depan toko
·
Melayani pesanan desain
sesuai keinginan pelanggan
·
Mengikuti event kuliner
d.
Pengelolaan SDM
·
Analisa Pekerjaan
Pekerjaan
yang dilakukan dalam usaha Velvet Baking Shop adalah melakukan produksi roti, pencatatan
keluar masuk barang, dan pencatatan pembukuan dan penyusunan laporan.
·
Kualifikasi Tenaga Kerja
Tenaga kerja yang dibutuhkan adalah pembuat
cake dan penjaga toko yang melayani pelanggan yang datang sekaligus yang
memesan lewat online yaitu sebanyak 4 tenaga kerja yang dibagi menjadi 2 shift
·
Kompensasi
Kompensasi yang diberikan untuk tenaga kerja
adalah Rp 1.400.000 per bulan. Dan diberi 4 hari libur setiap bulannya. Apabila
karyawan dinilai memiliki kinerja yang bagus maka akan mendapatkan tambahan
gaji sesuai keputusan pemilik.
ASPEK KEUANGAN
Menurut karyawan usaha Velvet Baking Shop:
·
untuk harga cupcake biasa
per satuan Rp 15.000 dan cupcake 3D Rp 250.000.
·
Tempat sewa ruko
setahunnya ditaksir sejumlah Rp 15.000.000
·
Untuk penggajian karyawan
di Velvet Baking Shop
setiap bulannya mendapatkan gaji sebesar Rp 1.400.000
·
Dan untuk biaya listrik nya sendiri
menggunakan pulsa listrik setiap bulannya sekitar Rp 350.000
ASPEK EKONOMI
DAN SOSIAL
A. Aspek Ekonomi
1.
Dapat meningkatkan
pendapatan keluarga pemilik Velvet Baking Shop
Dengan mendirikan usaha
di bidang kuliner, pemilik akan mendapatkan keuntungan perbulan diluar
pekerjaan tetap si pemilik.
2.
Dapat meningkatkan
pendapatan karyawan
Karyawan yang
bekerja di Velvet Baking Shop akan mendapatkan gaji lebih apabila karyawan
tersebut bekerja di Velvet Baking Shop sebagai kerja samping (masih ada
pekerjaan lain diluar Velvet Baking Shop).
3.
Membuka lapangan
kerja bagi orang yang mempunyai keahlian dalam desain cupcake.
Bagi
mahasiswa maupun masyarakat biasa yang mempunyai keahlian dalam mengolah desain
cupcake dapat mendaftarkan dirinya ke Velvet Baking Shop,
dengan sisi lain kerja yang sesuai dengan shift.
4.
Menambah peluang
bagi mahasiswa / masyarakat
Bagi mereka
yang belum mempunyai pengalaman juga dapat bergabung dengan Velvet Baking Shop dan
bersedia bekerja sesuai dengan waktu/jadwal yang telah ditentukan
serta mau belajar cara membuat cupcake.
Khususnya bagi mahasiswa, penghasilan dari gaji di Velvet Baking Shop akan
dapat menambah uang sakunya.
5.
Memperoleh pendapatan
berupa pajak dari usaha yang dikelola perusahaan, baik dari pendapatan
penjualan maupun pajak lainnya. Sebagai pelaku usaha yang taat terhadap pajak,
maka kami juga berkewajiban untuk membayar sejumlah pajak tertentu atas
kegiatan usaha yang kami lakukan.
B. Aspek Sosial
1.
Adanya perubahan
demografi melalui perubahan komposisi tenaga kerja baik tingkat partisispasi
angkatan kerja maupun tingkat pengangguran.
2.
Perubahan sikap dan
persepsi masyarakat terhadap rencana usaha dan atau kegiatan. Masyarakat
terbiasa bersikap antipasti terhadap rencana usaha baru, mereka beranggapan
bahwa usaha baru hanya akan menambah kepadatan atau kemacetan di kawasan usaha
tersebut. Sehingga yang menjadi persepsi masyarakat ialah usaha baru akan
menambah polusi udara, polusi tanah, polusi suara, dll. Namun lambat laun masyarakat
merubah persepsinya tersebut sebab sebenarnya dengan adanya usaha baru dapat
meningkatkan perekonomian daerah setempat.
LAMPIRAN
1.
Jam berapa toko ini mulai
beroperasional?
Jawab :
Jam Operasional Velvet Baking Shop
Senin – Jumat : 09.00-21.00
Sabtu – Minggu : 10.00-21.00
2.
Berapa harga jual cupcake ?
Jawab :
·
Untuk cupcake biasa Rp 15.000/pc
·
Untuk Cupcake 3D Rp 250.000/box
3.
Berapakah penjualan di toko selama
sebulan?
Jawab :
Penjualan cupcake satuan selama
sebulan sekitar 35 pcs sedangkan cupcake 3D 75 pcs.
4.
Berapakah jumlah karyawan yang ada
di toko?
Jawab :
Karyawan di Toko Velvet ada 4
orang , dibagi per sift yaitu 2 sift pagi dan sift sore.
Setiap sift ada 2 karyawan, ada
yang membuat kue dan ada yang menjadi CS.
5.
Berapakah jumlah gaji di toko ini?
Apakah sudah UMR?
Jawab :
Di Toko Velvet belum mendapat gaji
UMR, gaji yang diterima Rp 1.400.000,-
No comments:
Post a Comment