Wednesday, 1 March 2017

OBSERVASI STUDI KELAYAKAN BISNIS





ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
A.    Peluang
Velvet Baking Shop sekitar 2 tahun yang lalu oleh Febi Oktarina. Sdri Febi berinisiatif untuk membuka suatu usaha dibidang kuliner di wilayah Undip Tembalang, karena memiliki peluang yang besar. Sdri Febi yakin bahwa apabila dengan membuka usaha roti tersebut usahanya akan berhasil karena Sdri Febi selama di kampus mengikuti kelas Kewirausahaan, disitulah Sdri Febi belajar mengenai bagaimana caranya memulai bisnis, mencari modal, mencari relasi dan lain-lain

B.     Relasi
Mahasiswa Undip dan Masyarakat Semarang sekitarnya..

C.    Segmentation, Targetting dan Positioning
a.       Segmentation
·         Segmentasi Umur
0-5            tahun
6-15          tahun
16-25        tahun
26-50        tahun
·         Segmentasi tempat
Wilayah sekitar kampus
Wilayah pemukiman penduduk
Wilayah perkotaan
·         Segmentasi Jenis kelamin
Laki-laki
Perempuan
b.      Targetting
Target pasar dari usaha Velvet Baking Shopini khususnya di bidang penjualan yang mentargetkan penjualannya kepada mahasiswa Undip baik laki-laki maupun perempuan dan juga masyarakat sekitar semarang mulai dari umur 16 s.d 50 tahun hingga para ibu-ibu yang memberikan hadiah untuk anaknya.
c.       Positioning
Velvet Baking Shop memposisikan pada pembuatan cupcake biasanya ditujukan bagi sesorang yang akan memesan cupcake dan kue tart sebagai ulang tahun.
D.    Proyeksi Permintaan dan Penawaran
a.       Perkembangan Permintaan Sekarang
Seiring dengan perkembangan zaman, Velvet Baking Shop selalu menjaga kualitas produk dari usahanya agar mahasiswa maupun masyarakat yang sudah menjadi pelanggan tetap menyukai dan tetap setia dari jasa Velvet Baking Shop.
Velvet Baking Shop tidak hanya memproduksi cupcake saja, melainkan ada produk lainnya. Dengan banyaknya produk yang dihasilkan melalui cake tersebut membawa keuntungan bagi usaha ini, karena mahasiswa undip maupun masyarakat sekitar bisa dengan mudah untuk memesan produk yang diinginkan tanpa harus keluar jauh dari wilayah kampus Undip. Dengan kondisi seperti itu, permintaan terhadap produksi akan terus meningkat.
b.      Prospek Pemintaan di Masa Mendatang
Banyak pelaku usaha memprediksi bahwa usaha cake akan tetap digemari baik warga maupun masyarakat dalam jangka waktu yang lama, karena usaha cake ini diperlukan apabila seseorang maupun kelompok misalnya diberikan bagi wisudawan/wisudawati kado ulang tahun, acara seminar, dan lain sebagainya. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah munculnya para pesaiang baru dengan jenis produk yang sama. Untuk saat ini, belum terlihat banyaknya pesaing di usaha cupcake ini dengan menjual produk yang sama, namun dimasa mendatang besar kemungkinan akan ada pesaing yang bergerak di bidang ini namun memiliki desain yang beda, maupun keunikan dari barangnya. Dalam menghadapi para pesaing dimasa yang akan datang, maka pihak Velvet Baking Shop terus melakukan survey ke tempat-tempat usaha cake lainnya dengan melihat apa saja yang ditawarkan di usaha lain tersebut yang bertujuan agar pelanggan tidak berpindah haluan ke tempat usaha cake lainnya.
c.       Perkembangan Penawaran Sekarang
Perkembangan penawaran usaha Velvet Baking Shop untuk saat ini bisa dikatakan normal dengan target batas keuntungan laba yang efektif. Hal tersebut disebabkan karena harga yang sebanding dengan kualitas yang ditawarkan oleh Velvet Baking Shop sehingga mereka optimis laba margin dapat tercapai dengan jumlah penawaran yang diproduksi. Untuk pemakaian pada bahannya sendiri bisa dipakai untuk segala jenis produk sehigga harga dari bahan baku pembuatan produk dapat dibagi dengan produk lainnya, sehingga jumlah penawaran dari produk akan tetap stabil.
d.      Prospek Penawaran di Masa Mendatang
Mengingat besarnya peluang bagi usahaVelvet Baking Shopini untuk mengembangkan usahanya di bidang kuliner, maka Velvet Baking Shop akan membuka cabang di wilayah dekat kampus di Semarang. Velvet Baking Shopmenawarkan harga yang sebanding dengan kualitasnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menarik minat konsumen agar tetap setia untuk memesan produk cupcake Velvet Baking Shop.

E.     Marketing Mix
·         Produk
Produk yang dijual berupa Cupcake, Cupcake 3D dan Kue Tart
·         Price
Harga Cupcake biasa Rp 15.000/pc dan Cupcake 3D Rp 250.000/box
·         Promotion
Cara mempromosikan Usaha Velvet Baking Shop ini dengan promosi di media sosial.
·         Place
Usaha ini beramalat di Jalan Sumurboto III No.8A Tembalang Semarang


ASPEK TEKNIK DAN TEKNOLOGI PRODUK
A.    Produk
1.      Jenis Produk
·         Cupcake
·         Customize cupcakes
·         Birthday Cake
·         Wedding Cake
·         Pie & Cookies
·         Gift Hampers & parcels
·         Dessert Table
2.      Keunggulan Produk
Bagi mahasiswa, dalam kegiatan tertentu pasti memerlukan pendukung dalam memeriahkan acara khusus seperti Party, Anniversary, Seminar dan lainnya guna untuk memberi perhatian kepada orang lain. Di sendiri memiliki keunggulan produk yaitu dalam proses pembuatannya konsumen dapat memilih model cupcakes yang dipesan H-3 sebelumnya sesuai selera konsumen inginkan. Velvet Baking Shop juga menawarkan kualitas cake yang relatif bagus dan harganya sebanding pula Sehingga konsumen akan puas terhadap hasil produk tersebut.
B.     Proses Produksi
1.      Proses pembuatan.
Adapun cara pembuatan Cup Cakes adalah :
a.    Pertama panaskan susu cair serta susu bubuk dan aduk hingga benar-benar larut, lalu matikan apinya.
b.    Setelah itu tambahkan potongan dark coklat secukupnya aduk hingga larut merata.
c.    Lalu masukkan mentega serta sebagian gula pasir halus ke dalamnya.
d.    Tambahkan kuning telur yang telah dikocok hingga rata
e.    Tuangkan adonan tersebut ke dalam tepung terigu sambil di aduk rata dan kemudian adonan di sisihkan.
f.     Kemudian kocok putih telur hingga setengah mengembang. Lalu tambahkan sisa gula halus tadi ke dalamnya sambil terus dikocok hingga benar-benar mengembang.
g.    Masukkan kocokan putih telur tersebut ke dalam terigu sambil di aduk dengan perlahan.
h.    Tuangkan ke dalam cetakan muffin yang sudah diberi alas kertas.
i.      Setelah itu oven selama 25 menit dalam suhu 180 celcius hingga matang
j.      Untuk toppingnya anda bisa memanaskan krim kental lalu tambahkan potongan dark cokelat dan aduk hingga larut merata.
k.    Hiaslah bagian atas cupcake dengan topping yang telah dibuat.

C.    Bahan Baku
Bahan dasar yang diperlukan untuk Cupcake antara lain :
1.      Tepung terigu
2.      Telur
3.      Mentega
4.      Gula
5.      Garam
6.      Coklat bubuk
7.      Susu bubuk
8.      Vanili
9.      Fondant

D.    Bahan Penunjang
1.      Plastik
Plasik digunakan sebagai kemasan cupcake.
2.      Kardus
Kardus ini berfungsi untuk tempat
Mika berfungsi untuk tempat Cake agar bisa aman saat di kemas.
3.         Gas Elpiji
Untuk proses pencetakan gambar dan penempelan gambar pada media mug.
4.      Keju, Meses, Strawberry, Choco chip, Krim, Coklat
Untuk penghias agar cupcakes tambah menarik.
        
E.     Mesin Dan Peralatan
Mesin dan peralatan yang digunakan dalam membuat cupcake antara lain :
1.        Oven
2.        Kompor
3.        Mixer
4.        Timbangan
5.        Loyang

F.     Lokasi Dan Plant Site
Lokasi tempat produksi dan tempat penjualan berada dalam satu  tempat yaitu berada di Jalan Sumurboto III No.8A Tembalang Semarang dengan luas bangunan 6 x 15 m². Letak usaha ini berada ditempat yang strategis sehingga akses untuk menuju  tempat ini sangat mudah, karena lokasinya yang berada didekat jalan raya. Oleh karena itu, peluang untuk mendapatkan pelanggan sangat besar. Kontruksi bangunan ini terbuat dari batu bata. Setiap proses produksi mempunyai bagian tempat tersendiri sehingga tidak mengganggu proses produksi satu sama lain.
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
A.    Nama Unit Usaha
Nama badan Usaha          : Velvet Baking Shop
Pemilik                             : Febi Oktarina
Alamat                             : Jalan Sumurboto III No.8A Tembalang Semarang
Jam Operasional Velvet Baking Shop
Senin – Jumat                  : 09.00-21.00
Sabtu – Minggu               : 10.00-21.00

B.     Bentuk Organisasi dan Manajemen
Velvet Baking Shop sampai saat ini hanya memiliki 1 toko pusat yang terletak di Jalan Sumurboto III No.8A Tembalang Semarang. Pemilik Velvet Baking Shop tidak memegang sendiri dalam menjalankan usahanya. Pemilik mempekerjakan 4 orang karyawan yang mana dari 4 karyawan tersebut bekerja secara bergantian sesuai shift yang telah ditentukan jadwalnya.
Untuk proses produksi Velvet Baking Shopdilakukan oleh karyawan sendiri. Sedangkan untuk Customer Servise itu ada sendiri saat ada konsumen yang lansung datang ke toko.
a.       Sistem Keuangan
Dalam mengelola keuangan, Velvet Baking Shop menerapkan manajemen keuangan dengan :
·         Menetapkan struktur keuangan organisasi
·         Mengalokasikan dana dengan sangat efisien
·         Mengendalikan keuangan
b.      Sistem produksi dan distribusi
Kegiatan produksi pada setiap unit dalam usaha percetakan Velvet Baking Shop agar sama mutu dan pelayanannya diperlukan berbagai keputusan terkait dengan produksi, misalnya perencanaan (kapasitas produk, bahan baku) dan desain produk, proses produksi, pengendalian kualitas hasil produksi, penentuan standar operasi, penentuan fasilitas produksi (termasuk layout produksi), penentuan harga pokok produk, dan sebagainya. Sistem-sistem tersebut selanjutnya, dioperasikan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, sehingga produksi dapat diwujudkan sesuai kualitas, terjangkau kemampuan pasar, dan seimbang dalam memenuhi permintaan pasar.
c.       Promosi dan Pemasaran
Promosi merupakan salah satu strategi perusahaan dalam memenangakan pasar dan meningkatkan angka penjualan. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Velvet Baking Shop yaitu dengan cara :
·         Bertujuan pada taget pasar
·         Memasang MMT yang berukuran besaryang diletakkan di depan toko
·         Melayani pesanan desain sesuai keinginan pelanggan
·         Mengikuti event kuliner
d.      Pengelolaan SDM
·      Analisa Pekerjaan
   Pekerjaan yang dilakukan dalam usaha Velvet Baking Shop adalah melakukan produksi roti, pencatatan keluar masuk barang, dan pencatatan pembukuan dan penyusunan laporan.
·      Kualifikasi Tenaga Kerja
Tenaga kerja yang dibutuhkan adalah pembuat cake dan penjaga toko yang melayani pelanggan yang datang sekaligus yang memesan lewat online yaitu sebanyak 4 tenaga kerja yang dibagi menjadi 2 shift

·      Kompensasi
Kompensasi yang diberikan untuk tenaga kerja adalah Rp 1.400.000 per bulan. Dan diberi 4 hari libur setiap bulannya. Apabila karyawan dinilai memiliki kinerja yang bagus maka akan mendapatkan tambahan gaji sesuai keputusan pemilik.


ASPEK KEUANGAN

Menurut karyawan usaha Velvet Baking Shop:
·         untuk harga cupcake biasa per satuan Rp 15.000 dan cupcake 3D Rp 250.000.
·         Tempat sewa ruko setahunnya ditaksir sejumlah Rp 15.000.000
·         Untuk penggajian karyawan di Velvet Baking Shop setiap bulannya mendapatkan gaji sebesar Rp 1.400.000
·          Dan untuk biaya listrik nya sendiri menggunakan pulsa listrik setiap bulannya sekitar Rp 350.000

ASPEK EKONOMI DAN SOSIAL
A.    Aspek Ekonomi
1.      Dapat meningkatkan pendapatan keluarga pemilik Velvet Baking Shop
Dengan mendirikan usaha di bidang kuliner, pemilik akan mendapatkan keuntungan perbulan diluar pekerjaan tetap si pemilik.
2.      Dapat meningkatkan pendapatan karyawan
Karyawan yang bekerja di Velvet Baking Shop akan mendapatkan gaji lebih apabila karyawan tersebut bekerja di Velvet Baking Shop sebagai kerja samping (masih ada pekerjaan lain diluar Velvet Baking Shop).
3.      Membuka lapangan kerja bagi orang yang mempunyai keahlian dalam desain cupcake.
Bagi mahasiswa maupun masyarakat biasa yang mempunyai keahlian dalam mengolah desain cupcake dapat mendaftarkan dirinya ke Velvet Baking Shop, dengan sisi lain kerja yang sesuai dengan shift.
4.      Menambah peluang bagi mahasiswa / masyarakat
Bagi mereka yang belum mempunyai pengalaman juga dapat bergabung dengan Velvet Baking Shop dan bersedia bekerja sesuai dengan waktu/jadwal yang telah ditentukan serta mau belajar cara membuat cupcake. Khususnya bagi mahasiswa, penghasilan dari gaji di Velvet Baking Shop akan dapat menambah uang sakunya.
5.      Memperoleh pendapatan berupa pajak dari usaha yang dikelola perusahaan, baik dari pendapatan penjualan maupun pajak lainnya. Sebagai pelaku usaha yang taat terhadap pajak, maka kami juga berkewajiban untuk membayar sejumlah pajak tertentu atas kegiatan usaha yang kami lakukan.


B.     Aspek Sosial
1.      Adanya perubahan demografi melalui perubahan komposisi tenaga kerja baik tingkat partisispasi angkatan kerja maupun tingkat pengangguran.
2.      Perubahan sikap dan persepsi masyarakat terhadap rencana usaha dan atau kegiatan. Masyarakat terbiasa bersikap antipasti terhadap rencana usaha baru, mereka beranggapan bahwa usaha baru hanya akan menambah kepadatan atau kemacetan di kawasan usaha tersebut. Sehingga yang menjadi persepsi masyarakat ialah usaha baru akan menambah polusi udara, polusi tanah, polusi suara, dll. Namun lambat laun masyarakat merubah persepsinya tersebut sebab sebenarnya dengan adanya usaha baru dapat meningkatkan perekonomian daerah setempat.



LAMPIRAN
            
1.      Jam berapa toko ini mulai beroperasional?
Jawab :
Jam Operasional Velvet Baking Shop
Senin – Jumat             : 09.00-21.00
Sabtu – Minggu          : 10.00-21.00
2.      Berapa harga jual cupcake ?
Jawab :
·         Untuk cupcake biasa Rp 15.000/pc
·         Untuk Cupcake 3D Rp 250.000/box
3.      Berapakah penjualan di toko selama sebulan?
Jawab :
Penjualan cupcake satuan selama sebulan sekitar 35 pcs sedangkan cupcake 3D 75 pcs.
4.      Berapakah jumlah karyawan yang ada di toko?
Jawab :
Karyawan di Toko Velvet ada 4 orang , dibagi per sift yaitu 2 sift pagi dan sift sore.
Setiap sift ada 2 karyawan, ada yang membuat kue dan ada yang menjadi CS.
5.      Berapakah jumlah gaji di toko ini? Apakah sudah UMR?
Jawab :
Di Toko Velvet belum mendapat gaji UMR, gaji yang diterima Rp 1.400.000,-
            

No comments:

Post a Comment