Sekolah : SMA Negeri 1 Batang
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/semester : XI / Genap
Tema/Topik : Indeks Harga dan Inflasi
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit (2 kali pertemuan)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metacognitive berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar & Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1 Mensyukuri pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia
untuk kesejahteraan rakyat
|
1.1.1 Mengucapkan rasa syukur atas pembangunan
dan pertumbuhan ekonomi melalui doa syukur
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
kerja keras, sederhana, mandiri, adil, berani, peduli dan kritis sebagai
pelaku ekonomi.
|
2.1.1 Jujur dalam melaksanakan semua kegiatan;
2.1.2 Disiplin ketika mengikuti pelajaran dan mematuhi tata
tertib;
2.1.3 Bertanggungjawab dalam melaksanakan semua tugas;
2.1.4 Menjaga lingkungan hidup di sekitar rumah tempat
tinggal, sekolah dan masyarakat.
|
3.1 Menganalisis indeks harga dan inflasi
|
3.1.1 Menjelaskan pengertian indeks harga dan inflasi;
3.1.2 Menjelaskan tujuan perhitungan indeks harga;
3.1.3 Memerinci Metode Perhitungan indeks harga
3.1.4 Mengidentifikasi penyebab inflasi;
3.1.5 Mengklasifikasikan jenis-jenis inflasi;
3.1.6 Menganalisis dampak dan cara mengendalikan inflasi
|
4.1 Mengevaluasi temuan hasil analisis indeks harga dan
inflasi
|
4.1.1 Terampil dalam metode perhitungan indeks harga;
4.1.2 Terampil dalam Menghitung inflasi;
4.1.3 Terampil dalam mengidentifikasi dampak dan cara
mengendalikan inflasi.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.1 Peserta didik melakukan doa sebelum dan sesudah
pelajaran
1.2 Peserta didik mampu mampu mengucapkan syukur ketika telah menyelesaikan
sesuatu
2.1 datang tepat waktu dalam mengumpulkan tugas
2.2 Peserta didik peduli terhadap kebersihan kelas
2.3 Peserta didik mampu aktif dalam kegiatan
pembelajaran maupun diskusi kelompok
2.4 Peserta didik mampu menghargai
dan menghormati pendapat teman
2.5 Peserta didik mampu kritis dalam menyelesaikan
permasalahan dalam kegiatan pembelajaran
3.1 Peserta didik mampu menjelaskan pengertian indeks harga dan inflasi
3.2 Peserta didik mampu menjelaskan tujuan perhitungan indeks harga
3.3 Peserta didik mampu memerinci metode perhitungan
indeks harga
3.4 Peserta didik mampu mengidentifikasi penyebab
inflasi
3.5 Peserta didik mampu mengklasifikasikan jenis-jenis inflasi
3.6 Peserta didik mampu menganalisis dampak dan cara mengendalikan inflasi
4.1 Peserta didik terampil dalam metode perhitungan indeks harga.
4.2 Peserta didik terampil dalam Menghitung inflasi.
4.3 Peserta didik terampil dalam mengidentifikasi dampak dan cara mengendalikan inflasi.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi Reguler:
1.1 Pengertian indeks harga dan inflasi
1.2 Tujuan perhitungan indeks harga
1.3 Metode perhitungan indeks harga
1.4 Penyebab dan jenis-jenis inflasi
1.5 Dampak dan cara mengendalikan inflasi
2.
Materi Remidial:
2.1 Pengertian indeks harga dan inflasi
2.2 Tujuan perhitungan indeks harga
2.3 Metode perhitungan indeks harga
2.4 Penyebab dan jenis-jenis inflasi
2.5 Dampak dan cara mengendalikan inflasi
3.
Materi Pengayaan :
3.1 Menganalisis dampak dan cara
mengendalikan inflasi
3.2 Menghitung indeks harga
E.
Pendekatan dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model :
Problem Based Learning (PBL)
Metode :
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : Power Point, Video, Gambar
2.
Alat/Bahan : Laptop, LCD, Penghapus, White Board, Spidol.
3.
Sumber Belajar :
a. Suparmin, Sari Dini Astuti, Hery Sawiji. 2014. Ekonomi Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial untuk SMA/MA Kelas XI.
Surakarta: Mediatama.
b. Ismawanto. 2009. Ekonomi Untuk SMA
dan MA Kelas X. Jakarta; CV Gema Ilmu
c. Mulyani Sri Nur, dkk. 2009. Ekonomi
Untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta; Cakra Media.
d. Sukardi. 2009. Ekonomi Untuk SMA dan
MA Kelas X. Jakarta; Grahadi
e. Supriyanto, Muhson Ali. 2009. Ekonomi
Untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta; Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sintak
|
Uraian Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Kegiatan awal
|
|
a.
Guru membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.
Guru memeriksa
kehadiran peserta didik dan menanyakan kepada peserta didik kesiapan dan
kenyamanan untuk belajar
c.
Guru mengulas
sepintas dan melakukan tanya jawab materi yang lalu
d.
Guru
menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran yaitu
memperluas pengetahuan tentang indeks harga
e.
Guru menyampaikan
secara garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
f.
Guru memberi
motivasi kepada peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran
|
15 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
Mengorientasi
peserta didik pada masalah.
|
Mengamati
Guru memfasilitasi masalah, peserta didik
ditugasi mengamati masalah tersebut.
|
100 Menit
|
Mengorganisasikan
kegiatan pembelajaran
|
Menanya
Peserta didik mengajukan
pertanyaan mengenai penjelasan yang telah diberikan oleh guru.
|
|||
Membimbing
Penyelidikan Mandiri.
|
Mengeksplorasi
Peserta didik diminta untuk
melakukan mengingat harga-harga barang/jasa yang sering mereka gunakan 5-10
tahun yang lalu hingga sekarang dan kemudian membuat tabelnya
|
|||
Mengembangkan dan
menyajikan karya analisis dan evaluasi
|
Mengasosiasi
a.
Peserta didik
berdiskusi menguraikan informasi yang diperoleh tentang materi indeks harga
b.
Peserta didik menganalisis hasil diskusinya dan kemudian
menghubungkan dengan rumus indeks harga dengan menggunakan metode Laspeyres
dan Pasche
|
|||
|
Mengkomunikasi
a.
Peserta didik
menjelaskan hasil diskusi kelompok dalam bentuk tulisan.
b.
Guru memberikan
pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi
|
|||
3
|
Kegiatan Penutup
|
|
a.
Guru dan peserta
didik menyimpulkan materi pembelajaran
b.
Guru melakukan
refleksi terhadap proses pembelajaran
c.
Guru memberikan
evaluasi setelah proses pembelajaran selesai
d.
Guru menyampaikan
materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
10 menit
|
Pertemuan 2
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sintak
|
Uraian Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Kegiatan awal
|
|
a.
Guru membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.
Guru memeriksa
kehadiran peserta didik dan menanyakan
kepada peserta didik kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
c.
Guru mengulas
sepintas dan melakukan tanya jawab materi yang lalu
d.
Guru
menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran yaitu memperluas
pengetahuan tentang indeks harga
e.
Guru menyampaikan
secara garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
f.
Guru memberi
motivasi kepada peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran
|
15 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
Mengorientasi
peserta didik pada masalah.
|
Mengamati
Guru memfasilitasi masalah, peserta didik
ditugasi mengamati masalah tersebut.
|
100 Menit
|
Mengorganisasikan
kegiatan pembelajaran
|
Menanya
a.
Peserta didik mendiskusikan
dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin
diketahui dari hasil pengamatan kasus. Pertanyaan diarahkan pada hal-hal yang
substantif terkait dengan tujuan pembelajaran.
b.
Satu di antara peserta
didik dari wakil kelompok menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis.
c.
Peserta didik
mendiskusikan dengan kelompok untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan apa
yang diketahuinya.
|
|||
Membimbing
Penyelidikan Mandiri.
|
Mengeksplorasi
Setiap peserta didik dalam satu
kelompok mengumpulkan informasi/data untuk menjawab satu pertanyaan yang
telah dirumuskan dari berbagai sumber, seperti: membaca buku peserta didik,
mencari di internet.
|
|||
Mengembangkan dan
menyajikan karya analisis dan evaluasi
|
Mengasosiasi
g.
Setiap peserta
didik mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan
dari berbagai sumber untuk menjawab satu pertanyaan yang telah dirumuskan.
h.
Setiap peserta
didik menyampaikan kepada anggota di kelompoknya terkait dengan jawaban atas
pertanyaan yang ditugaskan.
i.
Secara bersama-sama
peserta didik merumuskan secara tertulis jawaban dari hasil diskusi kelompok.
|
|||
|
Mengkomunikasi
a.
Dipilih secara acak
satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
b.
Kelompok lain
memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang presentasi.
c.
Guru memberikan
pendapat, masukan, tanya jawab selama diskusi.
d. Guru menjelaskan/ mempresentasikan hasil diskusi/
praktik dalam bentuk tulisan.
|
|||
3
|
Kegiatan Penutup
|
|
a.
Guru dan peserta
didik menyimpulkan bersama mengenai materi inflasi
b.
Guru
menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya
c.
Guru memberikan
pesan untuk tetap belajar dan meningkatkan semangat belajar
d.
Menutup pelajaran
dengan berdoa sesuai agama dan keyakinan masing-masing.
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/Teknik Penilaian:
a.
Penilaian Kompetensi
Pengetahuan
Jenis/Teknik Penilaian : Tes tertulis
Bentuk Instrumen dan Instrumen :
Soal
Butir Instrumen & Pedoman Penskoran :
(terlampir)
b.
Penilaian Kompetensi
Keterampilan
Jenis/Teknik Penilaian :
Penugasan
Bentuk Instrumen dan Instrumen :
Soal penugasan dan presentasi
Butir Instrumen & Pedoman Penskoran :
(terlampir)
Mengetahui: Batang,
9 Oktober 2016
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran,
Siti Izmuzaroh, S.Pd., M.Pd. Devi
Prastika Setyowati, S.Pd.
NIP. 12121008 1995709 1 3212 NIM 7101414371
LAMPIRAN 1 MATERI AJAR
LEMBAR MATERI
INDEKS HARGA DAN
INFLASI
1.
Definisi Indeks Harga
Indeks Harga Konsumen
(Consumer Price Index) sering digunakan untuk memantau berbagai perubahan biaya hidup dari waktu
ke waktu. Indeks Harga Konsumen adalah ukuran keseluruhan biaya yang harus
dibayarkan oleh seorang konsumen untuk mendapatkan berbagai barang dan jasa
sesuai dengan kebutuhan hidupnya.
Indeks harga
adalah angka yang dapat dipakai untuk memperlihatkan perubahan mengenai
harga-harga barang, baik harga untuk satu macam barang atau beberapa macam
barang. Di Indonesia, lembaga yang menghitung Indeks Harga Konsumen (IHK)
adalah Badan Pusat Statistik (BPS). Untuk dapat menghitung IHK diperlukan data
dan informasi yang luas, yang diperoleh dari survei biaya hidup berdasarkan
harga pasar untuk berbagai macam barang dan jasa yang mencerminkan pola
konsumsi masyarakat.
2.
Macam-macam Metode Perhitungan Angka Indeks
Untuk menghitung indeks harga
ada dua cara, yaitu cara sederhana dan cara tertimbang.
j.
Cara Sederhana
Perhitungan
indeks harga barang cara sederhana dilakukan dengan cara menjumlahkan harga
barang dan jasa setiap tahun dibagi dengan harganya pada tahun dasar. Kemudian
rasio ini dikalikan 100. Jika dirumuskan sebagai berikut:
Atau
k. Cara Tertimbang
Dalam menghitung angka indeks
tertimbang ada beberapa metode perhitungan yaitu,
1)
Metode Laspeyres
Perhitungan dengan metode ini
dilakukan dengan cara menjumlahkan harga barang dan jasa setelah dikalikan
dengan kuantitasnya pada tahun dasar. Rasio ini dikalikan 100%.
IL = indeks Laspeyres
Pn = harga pada tahun ke-n
Po = harga pada tahun dasar
∑ = jumlah
Qo = kuantitas pada tahun dasar
2)
Metode Pasche
Merupakan metode perhitungan
angka indeks tertimbang dengan menggunakan faktor penimbang kuantitas barang
pada tahun yang dihitung angka indeksnya (Qn).
IP = indeks Pasche
Qn = kualitas pada tahun ke-n
3)
Metode Fisher
Merupakan metode perhitungan
angka indeks tertimbang dengan cara mencari rata-rata Indeks Laspeyres dan
Indeks Pasche.
IF = √ IL
x IP x 100%
IF = indeks Fisher
IL = indeks Laspeyres
IP = indeks Pasche
3.
Definisi Inflasi
Inflasi
merupakan salah satu aspek kinerja makroekonomi yang paling diperhatikan secara
cermat, sekaligus merupakan salah satu variabel kunci dalam perumusan kebijakan
makroekonomi. Inflasi dapat dirumuskan sebagai kenaikan harga umum, yang
bersumber pada terganggunya keseimbangan antara arus uang dan arus barang. Laju
inflasi (inflation rate) adalah persentase perubahan tingkat harga pada suatu waktu tertentu
dibandingkan dengan tingkat harga pada periode sebelumnya.
4.
Penyebab Inflasi
a. Kelebihan jumlah uang yang beredar dalam masyarakat (money in circulation)
b. Kekurangan barang yang ditawarkan dalam masyarakat
c. Permintaan melebihi penawaran (demand pull
inflation)
d. Meningkatnya biaya produksi barang (cost
push inflation)
e. Meningkatnya indeks harga konsumen (consumer
price index)
f.
Inflasi dari luar
negeri (imported inflation)
5.
Jenis-jenis Inflasi Menurut Penyebabnya
a.
Dilihat dari laju kecepatannya inflasi terbagi tiga, yaitu :
1) Inflasi lunak (mild inflation) adalah inflasi yang kecepatannya kurang dari 5% per tahun.
2) Inflasi cepat (galloping
inflation) adalah inflasi yang kecepatannya lebih dari 5% < 10%
per tahun.
3) Inflasi meroket (hyperinflation) adalah inflasi yang kecepatannya lebih dari 10% per tahun.
b.
Dilihat dari keparahannya inflasi terbagi empat, yaitu :
1) Inflasi ringan (10% per tahun)
2) Inflasi sedang (10% - 30% per tahun)
3) Inflasi berat (30% - 100% per tahun)
4) Hiperinflasi (> 100% per tahun)
6.
Menghitung Laju Inflasi
a.
GNP deflator
Cara mengukur laju inflasi ini
dengan menggunakan perbandingan GNP nominal dengan GNP riil. GNP nominal sering disebut dengan GNP
berdasarkan tingkat harga yang sedang berlaku sedangkan GNP Riil adalah GNP
berdasarkan tingkat harga konstan. GNP deflator dapat diukur dengan Indeks
Pasche
Keterangan:
IP = indeks Pasche
Pn = harga tahun tertentu (tahun
ke-n)
Po = harga tahun dasar
Qn = kuantitas tahun tertentu (tahun
ke-n)
b.
Indeks Harga Konsumen (IHK)
Indeks Harga Konsumen (IHK) adalah angka indeks yang menghitung dari
kelompok barang yang paling banyak dibeli oleh masyarakat/konsumen.
Keterangan:
IL = indeks Laspeyres
Pn = harga tahun tertentu
Po = harga tahun dasar
Qo = kuantitas tahun dasar
c.
Indeks Harga Produsen (IHP)
Indeks ini mengukur sekelompok
barang yang dibeli oleh produsen yang berupa bahan mentah, barang setengah jadi
atau bahan pembantu.
7.
Dampak Inflasi
Adapun dampak inflasi tersebut
adalah
a. Inflasi dapat menurunkan tingkat pendapatan riil masyarakat suatu negara.
b. Inflasi dapat menurunkan daya beli masyarakat terdapat barang atau jasa,
terutama mereka yang berpenghasilan tetap.
c. Inflasi dapat mengakibatkan turunnya daya saing akibat tingginya harga.
8.
Cara Mengatasi Inflasi
a.
Kebijakan moneter
a. Politik diskonto: adalah politik bank
sentral untuk mempengaruhi jumlah uang beredar dengan jalan menaikkan atau
menurunkan tingkat bunga. Misalkan, dengan menaikkan suku bunga maka diharapkan
jumlah uang yang beredar di masyarakat akan berkurang, karena masyarakat
cenderung untuk menyimpan uangnya di bank dari pada membelanjakan/investasi.
b. Politik pasar terbuka: adalah politik yang dilakukan dengan cara menjual
atau membeli surat berharga.
c. Politik persediaan kas: adalah politik bank sentral untuk mempengaruhi
jumlah uang beredar dengan jalan menaikkan atau menurunkan persentase
persediaan kas di bank.
b.
Kebijakan fiskal
1) Pengaturan pengeluaran pemerintah
Pemerintah harus menjaga kestabilan anggaran,
penggunaan anggaran harus sesuai dengan rencana. Jika pengeluaran melebihi
batas yang telah direncanakan akan mendorong peningkatan jumlah uang beredar.
2) Peningkatan tarif pajak
Pajak merupakan sumber
penerimaan pemerintah yang utama. Dengan adanya kenaikan tarif pajak maka
penghasilan rumah tangga akan diberikan kepada pemerintah sehingga daya beli
masyarakat terhadap barang dan jasa menurun selanjutnya inflasi dapat ditekan.
c.
Kebijakan non moneter
1) Peningkatan produksi
Adanya peningkatan produksi meskipun jumlah uang bertambah di masyarakat
maka inflasi tidak akan terjadi, bahkan bisa dikatakan bahwa hal tersebut
merupakan peningkatan kemampuan perekonomian.
2) Kebijakan upah
Inflasi
yang terjadi bisa
dilakukan dengan cara menurunkan pendapatan yang siap untuk dibelanjakan (disposable income)
masyarakat yang instrumennya
dilakukan dengan peningkatan pajak penghasilan.
3) Pengawasan harga
Adanya kecenderungan kenaikan harga yang disengaja oleh para produsen
membuat pemerintah melakukan penetapan kebijakan harga maksimum. Namun tindakan
pemerintah dapat menimbulkan fenomena pasar gelap (Black Market), yaitu jual beli barang tanpa mengindahkan aturan-aturan
harga yang telah ditetapkan pemerintah. Untuk mengatasi hal ini maka pemerintah
melakukan pendistribusian langsung barang- barang kepada masyarakat.
4) Pendistribusian langsung
Adanya kecenderungan kenaikan harga pada beberapa jenis komoditas pokok mendorong pemerintah
untuk melakukan pendistribusian secara langsung kepada konsumen. Misalkan
kenaikan harga beras, minyak tanah karena adanya
permainan harga pasar mendorong pemerintah untuk melakukan pendistribusian
langsung kepada konsumen.
5) Kebijakan di bidang perdagangan internasional
Mengatasi inflasi melalui perdagangan internasional
dilakukan pemerintah dengan cara menurunkan bea masuk barang-barang impor,
sehingga peredaran jumlah barang di dalam negeri menjadi lebih banyak dan
harganya cenderung turun.
LAMPIRAN 2 MEDIA
PEMBELAJARAN
LAMPIRAN
3.1
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1.
Penilaian Tes Tertulis (Reguler)
a.
Kisi-Kisi
No.
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menjelaskan pengertian indeks
harga dan inflasi
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
No. 1
|
2
|
Mengklasifikasikan metode
perhitungan indeks harga
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
No.2
|
3
|
Menerapkan cara
perhitungan inflasi
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
No. 3
|
4.
|
Menghubungkan
indeks harga dan inflasi
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
No.4
|
5.
|
Menganalisis dampak dan cara
mengendalikan inflasi
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
No. 5
|
b.
Soal
1. Jelaskan pengertian indeks harga dan
inflasi!
2. Jelaskan metode perhitungan indeks
harga dengan cara tertimbang!
3. Harga jenis barang tertentu pada tahun
2003 Rp. 50.000 dan harga pada tahun dasar Rp. 40.000, maka IHK tahun 2003
adalah…
4. Apa hubungan indeks harga dan inflasi?
5. Bagaimana peran pemerintah dalam
mengatasi Inflasi?
c.
Kunci Jawaban :
1. Pengertian
Indeks Harga
Indeks harga adalah angka yang dapat
dipakai untuk memperlihatkan perubahan mengenai harga-harga barang, baik harga
untuk satu macam barang atau beberapa macam barang.
Pengertian Inflasi
Inflasi adalah kenaikan tingkat harga
secara terus menerus.
2. Berikut metode indeks
harga cara tertimbang:
a. Metode
Laspeyres
Perhitungan dengan metode ini dilakukan dengan
cara menjumlahkan harga barang dan jasa setelah dikalikan dengan kuantitasnya
pada tahun dasar. Rasio ini dikalikan 100%.
b. Metode
Pasche
Merupakan metode perhitungan angka indeks
tertimbang dengan menggunakan faktor penimbang kuantitas barang pada tahun yang
dihitung angka indeksnya (Qn).
c. Metode
Fisher
Merupakan metode perhitungan angka indeks
tertimbang dengan cara mencari rata-rata Indeks Laspeyres dan Indeks Pasche.
3. 50.000
IHK = ———- x 100% = 125%
40.000
IHK = ———- x 100% = 125%
40.000
4.
Hubungan indeks harga dan inflasi
Untuk melakukan perbandingan antara variabel yang sama
(misal: produksi, keuntungan, harga, dan sebagainya) dalam dua waktu yang
berbeda, diperlukanlah sebuah angka indeks. Melalui angka indeks, kita dapat
mengetahui maju mundurnya suatu usaha atau kegiatan, naik turunnya pendapatan,
harga, dan sebagainya. Indeks harga merupakan salah satu dasar
penghitungan yang digunakan untuk (menentukan inflasi suatu negara).
5. Peran pemerintah dalam mengatasi inflasi
melalui dua acara yaitu:
· Kebijakan moneter
a. Politik
diskonto: adalah politik bank sentral untuk
mempengaruhi jumlah uang beredar dengan jalan menaikkan atau menurunkan tingkat
bunga.
b. Misalkan, dengan menaikkan suku bunga maka diharapkan
jumlah uang yang beredar di masyarakat akan berkurang, karena masyarakat
cenderung untuk menyimpan uangnya di bank dari pada membelanjakan/investasi.
c. Politik
pasar terbuka: adalah politik yang dilakukan dengan cara menjual atau membeli
surat berharga.
· Kebijakan fiskal
a. Pengaturan
pengeluaran pemerintah
Pemerintah harus menjaga kestabilan anggaran, penggunaan
anggaran harus sesuai dengan rencana. Jika pengeluaran melebihi batas yang
telah direncanakan akan mendorong peningkatan jumlah uang beredar.
b. Peningkatan
tarif pajak
Pajak merupakan sumber penerimaan
pemerintah yang utama. Dengan adanya kenaikan tarif pajak maka penghasilan
rumah tangga akan diberikan kepada pemerintah sehingga daya beli masyarakat
terhadap barang dan jasa menurun selanjutnya inflasi dapat ditekan.
d.
Pedoman Penskoran
1. Skor penilaian
No.
|
Interval Nilai
Pengetahuan
|
Kriteria Penilaian
|
1
|
91-100
|
Jika jawaban benar,
tepat, lengkap, terinci dan jelas
|
2
|
81-90
|
Jika jawaban benar,
tepat, lengkap, terinci dan kurang
jelas
|
3
|
71-80
|
Jika jawaban
benar, tepat, lengkap, tidak terinci dan kurang jelas
|
4
|
61-70
|
Jika jawaban benar,
tepat, tidak lengkap, tidak terinci dan kurang jelas
|
5
|
51-60
|
Jika jawaban benar,
kurang tepat, tidak lengkap, tidak terinci dan kurang jelas
|
6
|
41-50
|
Jika jawaban hanya
sedikit yang benar, tepat, tidak lengkap, terinci dan kurang jelas
|
7
|
31-40
|
Jika jawaban hanya
sedikit yang benar, tepat, tidak lengkap, tidak terinci dan kurang jelas
|
8
|
21-30
|
Jika jawaban hanya sedikit yang benar , kurang tepat,
tidak lengkap, tidak terinci dan tidak
jelas
|
9
|
11-20
|
Jika jawaban hanya
sedikit yang benar, tidak tepat, tidak lengkap, tidak terinci, dan kurang
jelas
|
10
|
0-10
|
Jika jawaban tidak
benar, tidak lengkap, tidak terinci, dan tidak jelas
|
2.
3.
Tabel
Nilai
Interval Skor
|
Kriteria
|
91-100
|
A
A-
|
81-90
|
|
71-80
|
B+
B
|
61-70
|
|
51-60
|
B-
C+
|
41-50
|
|
31-40
|
C
C-
|
21-30
|
|
11-20
|
D+
D
|
0-10
|
LAMPIRAN 3.2 PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Lembar Penilaian Presentasi dan Laporan Hasil Diskusi
Nama/Kelompok : ……
Kelas : ……
Materi Pokok : ……
No.
|
Aspek Penilaian
|
Skor
(1-100)
|
A.
|
Penyajian
|
|
1
|
Menanya/Menjawab
|
|
2
|
Argumentasi
|
|
Jumlah skor
|
|
Pedoman Penskoran (rubrik) :
No.
|
Aspek
|
Penskoran
|
1
|
Menanya/
Menjawab
|
Skor 86-100, apabila selalu menjawab/menanya
Skor 75-85, apabila sering menjawab/menanya
Skor 65-75, apabila kadang-kadang menjawab/menanya
Skor <60, apabila tidak pernah menjawab/menanya.
|
2
|
Argumentasi
|
Skor 86-100, apabila materi/jawaban benar, rasional,
dan jelas.
Skor 75-85, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
tidak jelas
Skor 65-75, apabila materi/jawaban benar, tidak
rasional, dan tidak jelas
Skor <60, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak jelas
|
Tabel Nilai
Interval Skor
|
Kriteria
|
91-100
|
A
A-
|
81-90
|
|
71-80
|
B+
B
|
61-70
|
|
51-60
|
B-
C+
|
41-50
|
|
31-40
|
C
C-
|
21-30
|
|
11-20
|
D+
D
|
0-10
|
No comments:
Post a Comment